Wisata Religi
Nyadran
Acara Nyadran diadakan sebagai ungkapan terima kasih pada sang Pencipta. Sebagian masyarakat Desa BalongBendo adalah nelayan pencari Kupang di laut. Pada setiap Bulan Ruwah (1 minggu sebelum Bulan Puasa) mereka mengadakan Nyadran. Dan pada setiap bulan Maulud, masyarakat Bluru Kidul, Kecamatan Sidoarjo sebagai nelayan kerang juga melakukan kegiatan Nyadran. Demikian pula dengan masyarakat Gisik Cemandi Kecamatan Sedati juga melakukan kegiatan yang dinamakan Petik Laut, dilaksanakan setiap bulan Agustus, dengan maksud seperti kegiatan Nyadran di Desa Balongbendo.


Makam Putri Ayu Sekar Dadu
Dari cerita yang beredar di masyarakat sekitar, Putri Ayu Sekar Dadu merupakan putri dari raja Blambangan yang bernama Minak Sembayu, yang diyakini sebagai Ibu Sunan Giri. Putri Ayu Sekar Dadu meninggal dan dimakamkan di dusun Kepentingan, Desa Sawoan, kecamatan Buduran. Setiap kegiatan Nyadran, masyarakat selalu menyempatkan berziarah ke makam tersebut.
Masjid Agung Sidoarjo
Sebagai pusat da'wah masyarakat Sidoarjo, mengingat masyarakat Sidoarjo mayoritas beragama islam dan merupakan masjid terbesar di sidoarjo.
Wisata Sejarah
Candi Pari
Candi Pari terletak di dusun Candi Pari Wetan. Candi ini di bangun pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Candi bernuansa religi Hindu ini tersirat dengan adanya relief Sankha. Di dekat candi dan desa sekitarnya pernah ditemukan arca Siwa Mahadewa, dua arca Agastya, dan tujuh arca Ganesha.
Selengkapnya...
Candi Ngoro
Di desa Candi Ngoro terdapat Candi Dermo yang diperkirakan didirikan tahun 1535, pada saat pemerintahan Adipati Kusen. Candi Dermo ini merupakan simbol pintu gerbang Kerajaan Majapahit. Itu merupakan bukti bahwa di Sidoarjo adalah daerah yang sangat strategis pada zaman kerajaan Majapahit.
Batu Prasasti
Batu Prasasti adalah batu peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di desa Tropodo Kecamatan Krian
Wisata Bahari
Kepetingan
Asrinya alam di sekitar Delta Sidoarjo bisa dinikmati dengan berperahu ke Kepeningan yang berakhir di Makam Putri Ayu Dewi Sekar Dadu. Di sini juga bisa merasakan lezatnya udang segar langsung dari tambak yang di bakar atau digoreng.
Sarana Pemancingan Sedati
Sidoarjo dikenal sebagai kota Udang dan Bandeng. Bagi yang gemar memancing bisa menyalurkan hobi serta menikmati lezatnya bandeng tanpa duri.
Wisata Kuliner
Kampung Kerupuk Kedung Rejo
Merupakan kawasan asal muasal berdirinya usaha pembuatan kerupuk yang dimulai sekitar tahun 1976. H.Darwin, Mutini, Suryati sebagai pelopor usaha. Kerupuk pada perkembangannya mengalami kemajuan yang sangat signifikan.
Aneka oleh-oleh khas Sidoarjo
Kerupuk udang dan kupang, Bandeng asap, Bandeng presto Bandeng tanpa duri, Martabak dan siomay Bandeng.
Bursa Kupang Lontong
Salah satu makanan khas Sidoarjo adalah Kupang, di gedangan terdapat bursa Kupang yaitu pusat makanan kupang dijajakan.
Kampoeng jajanan
Suatu tempat di Desa Sumur Kecamatan Krembung, sebagian besar warganya mempunyai aktivitas mempuat makanan khas Sidoarjo, seperti gempo, klepon dan jajan pasar lainnya tempat ini merupakan sentra jajan pasar.
Beragam Sarana Bersantap Kaki Lima
Kegiatan masyarakat Sidoarjo dalam berwirausaha dengan menjajakan berbagai macam makanan secara lesehan atau menggunakan kereta dorong yang berada di tepi jalan, antara lain Jalan Sultan Agung dan jalan Dr.Soetomo Sidoarjo.
Wisata Belanja
Kampoeng Batik
Batik tulis Sidoarjo dengan bahan katun maupun sutera memiliki ciri khas tersendiri, sepeti merak dari samping dengan sayap tertutup, kupu-kupu, bunga kenongo dan kembang bayem dengan latar beras utah, cecekan dan sunduk kentang.
Sentra batik di Sidoarjo terletak di Kampoeng Batik Jetis, Desa Kenongo kec. Tulangan dan di jalan Kartini Sidoarjo.
Kampoeng sandal dan sepatu
Sepatu, sandal dan selop terbuat dari kulit sapi dan domba serta imitasi. Desain dan kualitasnya tak kalah dengan produk bermerek terkenal dan bertaraf internasional. Sentra sandal dan sepatu ini terletak di kawasan Seruni Kec. Gedangan dan di desa Mojosantren, Kemasan, Kec. Krian.
Sentra industri tas dan koper
Deretan gerai yang menawarkan berbagai produk tas, koper, dompet, jaket, dan aksesori lain berbahan kulit asli, mudah di temui di sepanjang jalan Kludan dan jalan utama Kendensari, Kec. Tanggulangin.
Kampoeng Sayangan
Sentra produksi perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari aluminium dan baja anti karat ini berada di desa Sayangan Kec. Candi. Para perajin Sayangan di sini sangat piawai membuat peralatan dapur antara lain; dandang, panci, cetakan kue, tempat lilin berkualitas ekspor.
Galeri seni dan kerajinan Dekranasda
Galeri seni dan kerajinan ini berada di kawasan GOR. Merupakan sarana mempromosikan beragam kerajinan buah tangan warga kabupaten Sidoarjo, juga sebagai pusat informasi serta penjualan.
Rekreasi Keluarga
Waterpark
Tempat berenang untuk anak-anak maupun dewasa yang dilengkapi sarana bermain yang terletak di areal Sun City Mall, Jl. Pahlawan, Sidoarjo
Kolam renang Sendang Delta
Merupakan salah satu tempat rekreasi berenang bagi anak-anak dan dewasa, yang di kelola oleh pemerintah daerah Kabupaten Sidoarjo.
Alun-alun Sidoarjo
Alun-alun Sidoarjo merupakan sarana rekreasi keluarga dengan naik dokar atau bendi, serta dapat menyaksikan berbagai macam atraksi, antara lain topeng monyet, ketangkasan mengendarai mobil dan lain-lain serta berbelanja aneka barang dan makanan.
Put Put Golf
Sebagai tempat rekreasi yang di lengkapi tempat bermain golf mini (area mini) dan permainan ketangkasan anak-anak. Disini juga terdapat restoran yang menyajikan beragam makanan dan minuman.