Bagi anda pengguna transportasi umum perkotaan, terutama di kota Solo dan Wonogiri. Ada berita baik untuk anda. Dilansir solopos.com - selasa 26/7/2011 Kereta Railbus rute Solo-Wonogiri siap diresmikan. Moda transportasi yang terbilang baru di Indonesia ini bentuknya mirip dengan KRDI (kereta rel diesel Indonesia) yang sudah ada lebih dulu di kota-kota Indonesia. Namun tampilan railbus ini akan lebih mirip disain kereta api di Jepang. kereta railbus ini akan berjalan di atas rel yang berada sebidang dengan jalan raya dan melintas di tengah kota Solo. selain sebagai moda transportasi umum railbus ini juga diharapkan menjadi ikon kota pariwisata Solo.

Kota Solo akan menjadi kota ke dua pangguna moda transportasi railbus ini, sebelumnya februari 2009 palembang pertama kali mengoprasikan railbus kertalaya yang menjadi kereta railbus pertama di Indonesia.

Railbus sendiri merupakan moda transportasi kobminasi dari konstrukis bus ringan dengan kereta api. Railbus ini dinilai efektif karena hanya dengan rel yang minim saja kereta bus ini sudah aman dioperasikan.


RailBus Kertalaya Palembang

RailBus Solo-Wonogiri


Interior RailBus Solo-Wonogiri
Beberapa contoh RailBus yang sudah digunakan di beberapa negara:
RailBus Swedia
RailBus di Jerman

Railbus moderen di Bolivia

RailBus Inggris